Assalamualaikum, hallo teman-teman…
Pada kesempatan kali ini saya akan menceritakan kegiatan yang kami lakukan pada Senin 13 November 2023.
Seperti biasa rangkaian kegiatan yang kami lakukan diawali dengan pembiasaan. Setelah kegiatan pembiasaan kami melakukan literasi digital. Video literasi digital yang kami tonton pada hari ini berjudul “Pendidikan 4.0 : Pendidikan Masa Depan. Pembelajaran Abad 21”, yang bersumber dari channel youtube “Catatan Guru Media”. Berikut informasi yang kami dapatkan dari video tersebut.
Teknologi dan Pendidikan Kita
Untuk menghadapi situasi ini kita dapat menyiapkan siswa untuk perubahan di zaman ini.
Seperti yang telah disampaikan oleh sahabat Rasulullah, Ali bin Abi Thalib. Beliau berpesan:
“Didiklah anakmu sesuai zamannya, mereka tidak hidup di zamab kamu hidup”
Namun perlu diketahui secanggih-canggihnya teknologi tidak akan menggantikan peran guru, karena guru dan murid memiliki hubungan batin, yang dapat menciptakan kepercayaan dan kenyamanan. Tujuan dari pendidikan ini adalah menciptakan pelajar yang belajar sepanjang hayat.
Berikut perkembangan pendidikan dari 1.0 hingga 4.0
- Pendidikan 1.0
- Menggunakan teacher center (guru satu-satunya sumber pembelajaran)
- Siswa sebagai penerima materi pasif
- Teknologi belum digunakan untuk pembelajaran
2. Pembelajaran 2.0
- Menggunakan teacher center
- Siswa sebagai penerima pasif
- Komunikasi, kerja sama, dan kolaborasi sudah mulai tumbuh
- Evaluasi berupa hafalan
- Teknologi sudah digunakan namun siswa lebih pandai dibanding guru
3. Pembelajaran 3.0
- Pembelajaran berpusat pada siswa
- Guru sebagai fasilitator, pembimbing, dan advisor
- Penerapan teknologi lebih luas
- Siswa dapat belajar di mana saja
- Interaksi diskusi lebih luas
4. Pembelajaran 4.0
- Student center atau pembelajaran berpusat pada siswa, siswa dapat mencari informasi dari berbagai sumber
- Belajar dengan minat dan kecepatan masing-masing
- Menggali pengetahuan sendiri yang bertujuan memiliki minat untuk belajar sepanjang hayat
- Pemanfaatan perangkat pembelajaran virtual
- Menentukan belajar hands-an dengan flipped classrom, siswa belajar sendiri
- Tugas guru adalah menambah dan mengevaluasi materi
- Mengembangkan soft skill: berfikir kritis, kreativitas, dan pemecahan masalah
- Kolaborasi dan interaksi sebagai pendekatan utama
- Belajar di kelas dan online, atau pembelajaran dengan memanfaatkan jaringan internet dan berbasis website (blended learning)
Kesimpulan:
Teknologi pembelajaran di masa kini sudah sangat berkembang. Kita sebagai siswa harus bisa mengikuti perkembangan tersebut, dan mau terbuka dengan perubahan yang ada.
Setelah kegiatan literasi digital, kami kembali pada kelas kami masing-masing. Kegiatan kami pada hari ini adalah mengerjakan soal-soal yang ada di LKS. Beberapa diantara kami mendigitalkan LKS, setelah menyelesaikan soal-soal di LKS.
Sekian yang dapat saya sampaikan, terima kasih atas waktu yang diluangkan. Sampai jumpa, Wassalamualaikum…